5 Makanan Super Untuk Menurunkan Nyeri Rematik

5 Makanan Super Untuk Menurunkan Nyeri Rematik

Rheumatoid arthritis (RA), alias rematik, mengakibatkan ngilu, bengkak, dan kekakuan pada persendian Anda. Sebagian orang mendapati jika salah satunya langkah untuk memudahkan ngilu persendian untuk mengubah pada menu makan mereka.

Walau tidak ada “diet” yang detil direncanakan khusus pasien rematik, beberapa periset sukses mengenali makanan tertentu yang bisa menolong mengontrol parahnya infeksi.

Makanan apa yang baik memudahkan rematik?
Anda harus melakukan eksperimen untuk menyaksikan makanan apa yang bekerja terbaik untuk keluh kesah Anda.

1. Ikan berminyak

Beberapa macam ikan yang kaya asam lemak omega-3, bisa kurangi protein C-reaktif (CRP) dan interleukin-6, dua protein infeksi pada tubuh Anda.

Omega-3 kurangi cholesterol “jahat” (LDL) dan trigliserida. Tingginya kandungan cholesterol LDL dan trigliserida (lemak pada darah) membuat Anda beresiko semakin tinggi untuk penyakit jantung. Ada rematik membuat resiko penyakit jantung memungkinkan, jadi Anda ingin menggunakan tiap peluang yang ada untuk mempertahankan kesehatan jantung Anda.

Beberapa pakar mereferensikan minimal 3 sampai 4 ons ikan, 2x seminggu. Ikan kaya omega-3-termasuk salmon, tuna, herring, dan mackerel. Tetapi demikian, salmonlah yang mempunyai kandungan omega-3 paling tinggi antara semua ikan berminyak, yakni 2 gr per 3 ons jatah. Panggang, team, atau bakar ikan, apa saja sama sesuai kreasi Anda dalam memproses ikan — tidak boleh dimasak untuk melestarikan kandungan lemak sehatnya.

Tidak sukai ikan atau Anda vegetarian? Kenari, minyak canola, dan kedelai kaya beragam tipe asam lemak omega-3. Atau tanya dokter Anda mengenai pemakaian suplemen.

2. Sayur dan buah berwarna-warni

Makan buah-buahan dan sayur beragam warna ialah langkah simpel untuk pastikan Anda memperoleh semua gizi yang Anda butuhkan. Bahan kimia alami yang mewarnai pada buah-buahan dan sayur ialah anti-oksidan kuat, yang memberikan dukungan mekanisme ketahanan tubuh dan bisa menolong menantang infeksi. Makan minimal 1 ½ sampai 2 cangkir buah dan 2-3 cangkir sayur setiap waktu makan Anda. Anekaragamkan piring makan Anda dengan beragam jenis tipe berikan — blueberry, ceri, blackberry, strobery — yang memiliki kandungan senyawa anthocyanin untuk menolong kurangi frekwensi gempuran asam urat, bayam, kentang, tomat, terong, kale dan brokoli, cabai dan paprika, nanas, buah-buahan sitrus (jeruk, grapefruit, lemon, limau), semangka, wortel, sampai keluarga bawang (bawang putih, bombay, bawang perai).

Riset memperlihatkan jika memperoleh konsumsi vitamin dengan jumlah yang pas bisa menahan infeksi dan mempertahankan kesehatan persendian pada pasien rematik.

3. Kacang, gandum, dan beberapa bijian

Konsumsi kacang dan beberapa bijian utuh — misalkan beras merah, gandum, oats, sereal, kacang merah, kacang pinto, almond, walnut, pistachio — diperkaya oleh serat yang bisa menolong Anda turunkan kandungan protein C-reaktif (CRP), pertanda infeksi dalam badan. Disamping itu, kacang dan beberapa bijian utuh dipersenjatai oleh lemak tidak jemu tunggal, protein, asam folat, magnesium, zat besi, zinc, dan kalium — semua populer akan faedahnya untuk kesehatan jantung, otot, dan mekanisme kebal badan. Gandum memiliki kandungan selenium, senyawa anti-oksidan antiperadangan. Beberapa pasien rematik mempunyai tingkat selenium yang rendah pada darah mereka.

Keuntungan lainnya dari makan beberapa bijian utuh ialah jika bahan pangan ini mempunyai serat mengenyangkan, yang mempermudah Anda untuk mengurus selera makan Anda. Produk beberapa bijian utuh bisa menolong Anda masih tetap pada berat tubuh yang sehat hingga Anda tidak mempunyai penekanan extra pada persendian Anda.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan lemak tidak jemu tunggal yang bagus untuk kesehatan jantung, anti-oksidan dan oleocanthal, satu senyawa yang bisa turunkan ngilu dan infeksi. Oleocanthal dalam minyak zaitun hentikan produksi bahan kimia yang mengakibatkan infeksi, protein C-reaktif (CRP). Obat antiperadangan (NSAID) seperti aspirin dan ibuprofen bekerja menantang infeksi dengan batasi produksi bahan kimia yang sama.

Tentukan minyak zaitun ekstra virgin yang menjaga semakin banyak gizi dibanding tipe yang lain, karena tipe ini lewat semakin sedikit tingkatan penyulingan dan pemrosesan.pemroduksi.

Minyak zaitun ialah alternatif yang sedap dan sehat untuk lemak jemu dan trans. Lemak jemu diketemukan pada makanan seperti susu, mentega, es cream, dan daging merah berlemak. Lemak trans diketemukan dalam beberapa makanan panggangan yang diolah.

4. Teh hijau

Beberapa periset di University of Maryland dan Rutgers University mendapati jika tanda-tanda arthritis yang diketemukan pada tikus lab berangsur lebih baik dengan cepat sesudah periset menambah teh hijau ke air mereka sepanjang satu sampai tiga minggu, dikutip dari Everyday Health. Teh hijau diperkaya dengan polifenol, anti-oksidan yang dipercayai bisa kurangi infeksi dan perlambat kerusakan tulang riskan. Study memperlihatkan jika anti-oksidan lain dalam teh hijau yang disebutkan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) mengadang produksi molekul pemicu kerusakan persendian pada pasien rematik.

Namun, teh hijau memiliki kandungan jatah kecil vitamin K, yang bisa mencegah pencairan darah. Oleh karena itu, penting untuk membahas pemakaian teh hijau sama dokter Anda saat sebelum menambahnya ke rejimen penyembuhan alternative rematik Anda.

5. Rempah-rempah (ketumbar, jahe, kunyit)

Beberapa periset di All Institute of Medical Sciences di New Delhi yakin jika ketumbar bisa menolong memudahkan tanda-tanda rematik. Menurut riset mereka, yang diedarkan dalam Indian Journal of Medical Research, dua barisan tikus dengan tanda-tanda serupa rematik disuntikkan dengan bubuk ketumbar dan steroid. Sesudah 21 hari, ke-2 barisan memperlihatkan pembaruan, tetapi tikus yang disuntikkan dengan ketumbar mempunyai pengurangan bengkak dan infeksi yang lebih menegangkan dibanding tikus yang disuntik steroid.

Kunyit memiliki kandungan curcumin, yang sudah bisa dibuktikan kurangi infeksi sampai tingkat sel. Beberapa periset di University of California menyaksikan enam eksperimen manusia yang mengikutsertakan kunyit dan mengaitkan jika rempah ini ialah agen antiperadangan yang efisien dan aman.

Jahe sudah lama dikenali karena kekuatannya untuk menentramkan permasalahan perut. Seperti kunyit, jahe memiliki kandungan bahan kimia yang bekerja seperti obat antiperadangan untuk rematik. Beberapa periset di Jepang mendapati jika tikus dengan tanda-tanda serupa arthritis lebih baik secara cepat saat dikasih konsentrat jahe merah kering. Catatan: Jahe bisa mengakibatkan pencairan darah. Maka bila Anda ambil obat pencair darah seperti Coumadin (warfarin), bahas sama dokter Anda saat sebelum menambah jahe ke gagasan penyembuhan rematik Anda.

Leave a Comment